Jumat, 11 November 2011

MANAJEMEN STRATEGIK

Faktor eksternal(lingkungan bisnis):
-Lingkungan industri
-Lingkungan makro(ekonomi,teknologi,politik,hukum,kependudukan,sosial budaya).
FAKTOR INTERNAL:
-Managemen Fungsional(managemen pemasaran,keuagnan,operasi,SDM,penelitian dan pengembangan,sistem informasi managemen)
-Budaya perusahaan.
SEJARAH PERKEMBANGAN MANAGEMEN:
1.Anggaran dan penawasan keuangan
2.perencanaan jangka panjang
3.perencanaan strategik perusahaan
4.managemen strategik.
PENDEKATAN DAN METODE ANALISIS:
1.Tidak reguler(dadakan.peristiwa tertentu.ksisis.reaktif.restropektif.tim yg dibentuk)
2.Reguler(periodik.sejumlah variabel.masalah.proaktif.restropektif/masa lalu dan skrg.berbagai staf pelayanan.
3.Kontinu(terus menerus.ank variabel.perencanaan.proaktif.sekarang dan yg akan datang.unit analisis lingkungan bisnis).
ANTISIPASI STRATEGI:
1.OPOSISI:efektifitas terbatas krn lingkungan makro berada diluar kendali.
2.ADAPTASI
3.OFENSIF:memanfaatkan perubaan lingkungan bisnis untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.
4.REKAYASA
5.MENARIK DIRI
6.KONTINJENSI:mencoba mengurangi efek negatif dr perubahan lingkungan bisnis.(mencari bahan baku pengganti).
7.PASIF
HALANAN MEMASUKI PASAR(joe brain 1956):4 macam
1.keunggulan biaya absolut
2.skala ekonomi
3.persyaratan modal
4.diferensiasi produk
5.biaya perpindahan penggunaan barang
6.akses pada saluran distribusi
7.peraturan pemerintah.
KONSTRUKSI SKENARIO:MODEL ROYAL DUTCH/SHELL(RDS):
A.IDENTUFIKASI POKOK PERSOALAN
B.IDENTIFIKASI AKTOR
C.IDENTUFIKASI KEKUATAN PENENTU UTAMA
D.KECENDERUNAN DAN KETIDAK PASTIAN
E.MATRIKS INTI SKENARIO
F.CETAK BIRU SKENARIO
G.WUJUD AKHIR SKENARIO
H.OPSI STRATEGI
I.KUANTIFIKASI DAN MONITORING
KEKUATAN DAN KELEMAHAN PERUSAHAAN DGN PENDEKATAN MANAJERIAL:aspek teknis manajer.keunggulan tehnikal perusahaan.
1.PENDEKATAN FUNGSIONAL(perace II dan Robinson).
2.PENDEKATAN RANTAI NILAI(michael porter 1980 an).
AKTIFITAS POKOK:Logistik kedalam.operasi.logistik keluar.pemasaran dan penjualan.pelayanan purna jual.
AKTIFITAS PENUNJANG:pemasaran dasar perusaan.manajemen SDN.Pengembanan teknologi.procurenment.
PENDEKATAN UNIT KEUNGGULAN BERSAING(UKB):
Membedakan perusahaan menjadi 4 jenis:
1.aktifitas pembentuk unit keunggulan bersaing.
2.aktifitas penunjang pembentukan nilai ambah
3.aktifitas penunjang utama
4.aktifitas tifak esensial.
PENDEKATAN PPIMS(profit impact of marketing strategy),perusahaan GE(general Elekronik)
Model BCG(boston Consulting Group) tekanan pad alian kas.
Model GE-Mckinsey:perhatian pada invertasi.
PENDEKATAN 7 S Diperkenalkan Mckinsey dipopulerkan j.peter dan robert h waterman.
struktur.stretegi.staf.gaya manajemen.sistem dan prosedur.keahlian.budaa perusahaan(shared values).
ANALISIS KEUNIKAN KEPEMIMPINAN;
A.KEPEMIMPINAN DALAN MANAJEMEN PEMASARAN:
1.PROSPEKTOR:Peningkaan volume penjualan melalui pengenalan dan pengembangan produk baru dan peningkatan pangsa pasar.
2.DEFENDER
3.ANALIZER:Diantara prospektor dan defender
4.REACTOR:Sementaa dan tidak sistematis.
KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN KEUANGAN:
1.AGRESIF:berani menpuh tesiko.return tinggi
2.PASIF:Strategi safety first
3.SUPERIOR:memilih resiko rendah tp return tinggi
4.SUBOPTIMAL:resiko tinggi tp return rendah.
SUMBER DAA MANUSIAVDAN ORGANISASI:
1.ZEUS jaring laba-laba:centralized.karismatik.powerful.menghargai uang.extrinsic reward.
2.APOLLO:ketertian keteraturan
3.ATHENA:menyelesaikan tugas dgn segera agar bisa menyelesaikan tugas yg lain.
4.DIONYSUS:anggur dan nyanyian(titik yg tidak saling terkait.tidak terjadi sub-ordinasi.
KEPEMIMPINAN DALAM MANAJEMEN OPERASI:
1.INOVATOR
2.LOW COST
3.IMITATOR
4.DIFERENSIASIproduk dgn kualitas prima.
ANALISIS TOWS KLASIK:
Mckinsey foundation 1963.
diperkwnalkan perama kali Hein Weihrich 1982.
MATRIK SWOT EMPAT KUADRAN:
Dikenalkan oleh kenneth andrew 1963
MATRIKS PERTUMBUHAN PANGSA PASAR Diperkenalkan oleh pendiri BCG(Boston Consulting group 1960) bruce henderson.
sumbu vertikal:tingkat pertumbuhan pasar
sumbu horizontal:pangsa pasar relatif.
MATRIKS DAYA ARIK INDUSTRI:GE(Geneal electronik)dan mckinsey.
TUGAS POKOK KORPORAT:
1.menentukan portfolio bisnis yang hendak dimilikimelalui penyertaan modal pada U2S.
2.Melakukan intervensi manajemen thd U2S.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar